SEKILAS INFO
  • 2 minggu yang lalu / Ied Adha 1445 H / 17 Juni 2024, Masjid Jami Al Muhajirin menerima dan menyalurkan Hewan Qurban. Bagi para jamaah yang ingin ikut serta patungan hewan qurban besaran per orang adalah Rp. 3.600.000,-
  • 8 bulan yang lalu / Hadirilah Tabligh Akbar dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ Almuhajirin dengan penceramah Ustadz Munawir Ngacir pada hari Ahad (15 Oktober 2023) pukul 20.00 WIB.
  • 10 bulan yang lalu / DKM Masjid Jami’ Almuhajirin Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H. Semoga di Tahun ini Kita Bisa Menjadi Lebih Baik. Amin Ya Rab.
WAKTU :

Inilah Masa I’tikaf Rasulullah Muhammad SAW di Bulan Ramadhan

Terbit 1 Mei 2021 | Oleh : Andi Maulana | Kategori :
Inilah Masa I’tikaf Rasulullah Muhammad SAW di Bulan Ramadhan

Almuhajirin.info, Kunciran Indah – I’tikaf atau berdiam diri di dalam masjid dengan niat beribadah kepada Allah SWT sangat dianjurkan dalam syariat islam terkhusus di bulan suci Ramadhan.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan kepada kaum muslimin tentang tata cara dan juga waktunya. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Hurairah.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْتَكِفُ فِي كُلِّ رَمَضَانٍ عَشْرَةَ أَيَّامٍ، فَلَمَّا كَانَ الْعَامُ الَّذِي قُبِضَ فِيهِ اعْتَكَفَ عِشْرِينَ يَوْمًا.

Dari Abu Hurairah ra, dia berkata:

Nabi SAW selalu beritikaf pada bulan Ramadhan selama sepuluh hari. Namun pada tahun wafatnya, beliau beritikaf selama dua puluh hari (HR. Bukhari).

Menjelang 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ini mari kita berikhtiyar lebih dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui amal shaleh, khususnya beri’tikaf di masjid terdekat dari rumah kita.

SebelumnyaSeperti Inilah Harta Karun dari Surganya Allah SWT SesudahnyaCarilah Lailatul Qadar di 10 Hari Terakhir dari Bulan Ramadhan

Tausiyah Lainnya