SEKILAS INFO
  • 7 bulan yang lalu / Hadirilah Tabligh Akbar dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ Almuhajirin dengan penceramah Ustadz Munawir Ngacir pada hari Ahad (15 Oktober 2023) pukul 20.00 WIB.
  • 10 bulan yang lalu / DKM Masjid Jami’ Almuhajirin Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H. Semoga di Tahun ini Kita Bisa Menjadi Lebih Baik. Amin Ya Rab.
  • 10 bulan yang lalu / Inna lillahi wa inna ilaihi rooji’un. Telah berpulang ke rahmatullah, Ustadz Drs. Masruri Abdillah (Ustadz di Masjid Jami’ Almuhajirin) pada hari Rabu, 05 Juli 2023. Semoga almarhum husnul khotimah. Diterima segala amal baiknya dan diampuni segala dosanya. Amin Ya Rab.  
WAKTU :

Jangan Lupa Ucapkan Do’a Berikut Ketika Masuk Bulan Suci Ramadhan

Terbit 9 Maret 2024 | Oleh : Andi Maulana | Kategori :
Jangan Lupa Ucapkan Do’a Berikut Ketika Masuk Bulan Suci Ramadhan

Almuhajirin.info, Kunciran Indah – Ketika seorang hamba Allah SWT diberikan kesempatan memasuki bulan suci Ramadhan, maka orang tersebut hendaknya mengucapkan do’a seperti do’a yang dipanjatkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Berikut ini adalah doa Rasulullah SAW riwayat Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya, “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Hadits ini dikutip oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam karyanya Ithafu Ahlil Islam bi Khususiyatis Shiyam,

Adapun terjemahan doa Rasulullah ini didasarkan atas catatan kecil atau syarah singkat atas hadits tersebut.

 وأخرج: أنه صلى الله عليه وسلم كَانَ يقول إذا دخل شهر رمضان اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Artinya, “Rasulullah SAW bila telah masuk bulan Ramadhan berdoa, ‘Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī,’” (HR At-Thabarani dan Ad-Dailami).

Redaksi

SebelumnyaKeutamaan Bagi Mereka yang Menyantuni Yatim dan Menikahi Janda. SesudahnyaKiat Mendapatkan Lailatul Qadr di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Ramadhan.

Tausiyah Lainnya